TEPUNG JANGKRIK tjap "JANGKRIK JINGKRAK"

TEPUNG JANGKRIK tjap "JANGKRIK JINGKRAK"
Tepung Jangkrik Siap kirim ke seluruh pelosok Indonesia, cocok untuk segala jenis burung kesayangan anda (Sudah teruji bagus di PLECI dan CIBLEK) dengan komposisi 80% jangkrik asli dan 20% bahan alami pilihan ... Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp 15.000/bks,isi per bungkus 100 gram..Untuk pemesanan Tepung Jangkrik minimum order 4 bks blm termasuk ongkir. silakan SMS/Telp 021-93086555. Terima Reseller minimum order 10 bks (harga khusus GROSIR).Untuk pengambilan eceran 1 bks silakan datang aja lngsng ke Komp BPK 5 blok G no 24 Gandul-Cinere. Area Bekasi silakan hubungi Reseller kami : 1. Pondok Ungu Permai Sektor 5 blok E-3 no.30 Dekat Marakash Square.Bekasi, Indonesia 085219306031 Area Bogor silahkan hubungi : 1. Perum Darmaga Pratama Blok P5 no 11 Ciampea,Bogor 085211371110 Area Tangerang silahkan hubungi : 1. Komplek Eka Bakti blok BB 72 belakang WTC Serpong 02194165377 Area Palembang silahkan hubungi : 1. Batu Marta unit 12,kecamatan Sinar Paninjauan,Kab OKU Induk,Baturaja, Palembang 087713777783 Area Semarang silahkan hubungi : 1. Jl. Tegal Sari Sendang 3 No.28 Rt 03 Rw 04, Semarang, Jawa Tengah 085712366777

Selasa, 19 April 2011

Tips Memilih Murai Batu Muda Hutan (Bakalan)

Banyak orang memilih membeli Murai Batu Muda Hutan (MB MH) (dalam arti tangkapan hutan, belum terlatih) yang kemudian merawatnya, karena harga yang relatif lebih murah jika dibandingkan dengan Murai  Batu yang sudah ‘jadi’ alias sudah terawat, terlatih, dah siap dinikmati kicauannya. Tidak salah sih membeli MB MH, karena memang harganya relatif lebih murah. Namun bagi beberapa orang yang masih ‘pemula’, biasanya mengalami kesulitan dalam memilih burung MB MH ini. Karena kita tidak tahu bagaimana kualitas burung tersebut (tentu saja kicauannya karena burung berkicau yang dinikmati adalah kicauannya, dan MB MH belum mau berkicau). Berikut akan saya ceritakan sedikit pengalaman dari teman-teman kicau mania, bagaimana cara memilih MB MH. 

Karena Murai Batu yang kita hadapi adalah bakalan, dan belum mau berkicau, maka salah satu cara untuk mengidentifikasi kualitasnya adalah dengan mengamati bagian-bagian tubuhnya. Usahakan cari yang berkaki hitam, karena biasanya memiliki mental yang bagus bukan berarti selain kaki hitam kurang bagus (ada banyak juga selain kaki hitam jawara juga di kontes). Hindari MB MHyang memiliki warna kuku kelingking yang berbeda, karena biasanya memiliki sifat suka down saat di trek. pilih yang berekor panjang, tidak terlalu tebal, dan menyatu. Karena akan nampak indah jika dimainkan saat burung di trek tapi jika orientasi anda untuk kontes pilih ekor MB yang panjangnya 17-20 cm .. Kenapa harus diperhatikan mentalnya? Burung murai adalah burung petarung, jadi mental sangat berpengaruh pada penampilannya. Jika dipegang menjerit keras dan berusaha mematuk-matuk tangan kita, merupakan salah satu indikasi bahwa ia memiliki mental yang berani. Perhatikan matanya, pilih yang bermata belo, hindari yang memiliki semacam bercak putih, karena bisa jadi itu merupakan pertanda awal katarak. Katarak berpeluang besar menyebabkan kebutaan. Bagaimana dengan usia? Burung muda memiliki kesempatan ‘berkarir’ lebih banyak. Amati rongga mulutnya. Semakin pekat warnanya semakin tua usia burung tersebut.

Kepala ceper, leher besar dan panjang, paruh sedang,lobang hidung tembus,di paruh ada celahnya yang mengindikasikan MB tersebut cerewet,bulu dada warna pudar atau supak pertanda konon burung itu cerdas dan cepat meniru suara master, garis hitam di dada agak keatas, usahakan yang setara dengan sayap, ekor tidak terlalu panjang, usahakan yang melengkung dari pangkal. Kretekannya keras dan padat. Merupakan pilihan yang bagus jika membeli murai bakalan. (Ajiban)

Tapi tentu mencari hal sempurna tersebut diatas adalah tidak mudah dan tidak ada MB yang sempurna. Pilihlah kriteria tersebut yang mendekati. Prinsipnya dalam hobi tidak ada kata mahal,,, anda suka anda bayar. Yang menentukan  adalah perawatan dan perlakuan anda selaku tuannya dalam mengenali karakter momongan Anda.

Untuk mulai memelihara Murai batu sebenarnya kita harus tentukan dulu tujuannya, kalo hanya untuk mendengarkan kicauannya, mental tarung tidak jadi masalah yang penting gacor, tetapi kalo untuk lomba, nah ini yang mesti memperhatikan banyak hal dalam memilih dan perawatan yang intensif.

Yang jelas kalau memilih MB MHpertama adalah yang sehat ditandai dengan senang makan, bulu tidak kusam, mata terlihat cerah, gerakannya giras atraktif dan tidak nabrak kurungan (ngejeruji).
cara perawatan setelah dibeli (terpilih)

1. Jangan langsung dimandikan selama 2-3 hari
2. Jangan dikasih jangkrik
3. Jangan dijemur selama 2-3 hari
4. Beri minuman vatamin Bplex atau yang mengandung asam amino
5. Beri Kroto secukupnya yg dicampur voer halus
6. Beri krodong pd kurungan agar tenang dan jauhkan dari keramaian terlebih dulu.
7. Tempatkan burung di ruangan yang bersuhu hangat.

Selamat berburu MB ... salam Murai ...

by : Ayahnya Aiz

2 komentar:

  1. bagaimana mengatasi MB yang keras/giras supaya jinak...

    BalasHapus
  2. rajin mandikan dan gantang ditempat ramai aktivitas manusia om ...

    BalasHapus