TEPUNG JANGKRIK tjap "JANGKRIK JINGKRAK"

TEPUNG JANGKRIK tjap "JANGKRIK JINGKRAK"
Tepung Jangkrik Siap kirim ke seluruh pelosok Indonesia, cocok untuk segala jenis burung kesayangan anda (Sudah teruji bagus di PLECI dan CIBLEK) dengan komposisi 80% jangkrik asli dan 20% bahan alami pilihan ... Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp 15.000/bks,isi per bungkus 100 gram..Untuk pemesanan Tepung Jangkrik minimum order 4 bks blm termasuk ongkir. silakan SMS/Telp 021-93086555. Terima Reseller minimum order 10 bks (harga khusus GROSIR).Untuk pengambilan eceran 1 bks silakan datang aja lngsng ke Komp BPK 5 blok G no 24 Gandul-Cinere. Area Bekasi silakan hubungi Reseller kami : 1. Pondok Ungu Permai Sektor 5 blok E-3 no.30 Dekat Marakash Square.Bekasi, Indonesia 085219306031 Area Bogor silahkan hubungi : 1. Perum Darmaga Pratama Blok P5 no 11 Ciampea,Bogor 085211371110 Area Tangerang silahkan hubungi : 1. Komplek Eka Bakti blok BB 72 belakang WTC Serpong 02194165377 Area Palembang silahkan hubungi : 1. Batu Marta unit 12,kecamatan Sinar Paninjauan,Kab OKU Induk,Baturaja, Palembang 087713777783 Area Semarang silahkan hubungi : 1. Jl. Tegal Sari Sendang 3 No.28 Rt 03 Rw 04, Semarang, Jawa Tengah 085712366777

Minggu, 17 April 2011

Mengenal Lebih Dekat Murai Batu asal Aceh

Mengenali Murai Batu asal Aceh & Perjuangan Memburunya

Secara jelas kini bisa kita perhatikan secara fisik ekor dari Murai Batu (MB) yang berasal dari aceh tampak sangat berbeda dengan murai batu yang berasal dari daerah lain.
       Pada usia dini, atau sebelum mengalami mabung pertama panjang ekor hitam berkisar17-22cm.. Setelah mabung ekor baru akan muncul dengan panjang antara 20-25 cm. tergantung cara perawatan kita dan pola makan serta nutrisi yang diperlukan terpenuhi atau tidak.
       Yang perlu diingat sebagai catatan adalah jangan pernah kita memaksakan bulu ekor dicabut, dikarenakan pada saat mencabut dimungkinkan cangkang bulu akan mengalami kerusakan. Yang lebih berbahaya lagi seandainya akar bulu ikut tercabut maka bulu tumbuh akan semakin lama, ada juga kemungkinan ekor jadi mandul karena kerusakan pada cangkang bulu.

Keindahan dari pada Murai batu adalah terletak pada bulu 
ekornya. Inilah yang bisa menjadi unggulan dari jenis Murai Batu yang berasal dari Aceh. Apabila ekor dikipaskan maka akan terlihat seperti sebuah kipas hitam terbingkai warna putih. Ditambah dengan 2 helai ekor terpanjang yang lentur seolah-olah seperti cambuk yang diayun-ayunkan.


Sekilas wajah hutan di Leupung kawasan aceh besar


        Inilah gambaran dari pada perjalanan kawan kita, Saudaraku di Aceh yang juga menjadi penyuplai MB saya ,Qorry S dalam menapaki jengkal demi jengkal menaiki bukit menuruni lembah di Hutan Leupung, sebagian hutan yang berada di kawasan Aceh Besar demi mendapatkan Murai Batu yang nantinya akan diterbangkan kepada kita. menjadi kebanggan kita.

          Tanpa konservasi hutan yang bagus dan tanpa tangan saudara kita yang disana, tidak akan mungkin kita bisa menikmati lantunan dan gaya eksotik dari pada Murai Batu yang dengan keakuan kita merasa memiliki segalanya. Kalaulah nantinya Murai Batu yang kita miliki nantinya memenangkan sebuah kompetisi dan hargapun menjulang, akankah kita mengingat perjuangan kawan kita di pedalaman Aceh sana?, yang siap keluar masuk hutan demi ego dan kesenangan kita? setimpalkah dengan nilai pejuangan mereka?

TAHI HARIMAU

       Dalam perjalanan perburuan MB dihutan sana, Konon seandainya kita telah menemukan jejak kotoran harimau, maka anda telah memasuki kawanan Murai Batu, karena disana Murai batu hidup secara bergerombol.

      Kalo ada tahinya, berarti ada Harimaunya. Inilah  sepenggal resiko yang dihadapi para pemburu-pemburu Murai Batu dihutan bebas. salah-salah adalah nyawa taruhannya apabila berurusan dengan harimau.



 Tanda Bacokan di Pohon

              Ketika melakukan perburuan dihutan luas, para pemburu terkadang merasa kebingungan untuk mencari jalan pulang. sehingga mereka menorehkan tanda-tanda berupa bacokan pada pohon untuk memberikan petunjuk kemana harus berjalan.

              Terkadang mungkin kita dapat menentukan arah perjalan menggunakan petunjuk kompas ataupun petunjuk arah matahari. Nah, kalo dihutan lebat dan kebetulan mentari tak nampak, maka hal seperti inilah yang para pemburu lakukan, atau kadang untuk mengingatkan bahwa pada daerah tersebut akan layak untuk dilakukan perburuan lagi pada daerah yang sama





Akankah terpikirkan oleh kita, resiko yang harus dihadapi oleh para pemburu Murai Batu di alam liar dan Ganas, naik turun, bertemu binatang buas, ditengah hutan cuaca tak mendukung. Mereka yang berjuang demi menafkahi keluarga dengan segala perjuangan. bandingkan dengan kita yang hanya tinggal merogoh sebagian kocek dari saku kita. Terlalu banyak perhitungan, pemilihan, Penawaran yang serendah-rendahnya.


Bahkan kita banyak berharap mereka-mereka mampu mendapatkan sesuatu yang istimewa. Bayangkan perasaan para pemburu seandainya yg mereka dapatkan tak sesuai apa yang kita harapkan, dijual murahpun kadang enggan kita membayar.



Semoga kita semua bisa lebih bijak dan lebih arief.
kami persembahkan kepada :


Para penggemar dan penggila MURAI BATU.

ditulis  oleh  Broery Moestafa
diliput  oleh Qorry S
diedit   oleh  Ayah Nya Aiz



2 komentar:

  1. mantabs info nya berguna bgt nih....

    BalasHapus
  2. info dan tulisannya sangat menggugah kita utk melestarikan burung terbaik yang di miliki di negeri ini jangan putus asa om tetap semangat

    BalasHapus